RAPAT : AKHLAK SANTRI

Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi selain mengajarkan ‘Ilmu-‘ilmu Agama dan ‘Ilmu umum juga mengajarkan bagaimana Santri dapat memiliki Akhlakul Karimah, karna ber’ilmu saja tidak cukup tanpa memiliki Akhlak yang baik. Ini merupakan pekerjaan besar bagi Civitas Akademik Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi.

Untuk itu Pada tanggal 25-09-2017 Ba’da Zuhur-selesai, Civitas Akademik Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi kembali mengadakan rapat rutin untuk membahas metode tentang bagaimana cara meningkatkan kualitas Akhlak para Santri. Rapat ini berlangsung dengan pembahasan yang terperinci, banyak Ustad/Ustadzah yang menyampaikan masukkan, kritik dan saran terkait dengan perkembangan Akhlak para Santri.

Berbeda dengan sebelumnya, Civitas Akademik Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi biasanya mengadakan rapat di Aula Parabek, dan pada hari ini rapat dilaksanakan di Ruang Sholat Asrama Putra Bangkaweh bantuan KEMENPU, hal ini bertujuan agar Civitas Akademik Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi lebih dekat dengan para santri yang berada di Asrama.

Ustad H. Ilham, Lc.,MA selaku Pimpinan Pondok mengatakan : “Kita mesti menjadi suri tauladan dari segi semua hal, baik itu dari sikap, ibadah maupun yang lainnya”. Terkait dengan kualitas tenaga pengajar, Ustad H. Ilham, Lc.,MA juga menyampaikan : “Guru-guru kita ini adalah Guru-guru berlatar belakang Agama yang mengajarkan bidang studi Umum, jadi tidak semata-mata hanya pelajaran umum saja yang diajarkan kepada para santri, tapi ada indikasi-indikasi pelajaran Agama didalamnnya. Dalam kurikulum kita, Persentase bidang studi agama adalah 70% sedangkan bidang studi umum adalah 30%, kecuali IPA dan IPS, tapi tidak begitt signifikan perbedaannya”.

MasyaAllah, begitu serusnya Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi untuk membentuk para santrinya agar menjadi santri yang ber’ilmu serta memiliki Akhlakul Karimah, sesuai denga Visi Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi : “Pusat Pendidikan Islam Unggulan yang Membangun Generasi Khairu Ummah”.

Pembahasan ini akan terus rutin dilakukan, sebagaimana yang disampaikan oleh Ustad H. Ilham, Lc.,MA : “Mengenai pembahasan Ahklak ini akan tetap kita bicarakan, hari ini kita bicarakan, besok kita bicarakan, lusa kita bicarakan, dan seterusnya akan tetap kita bicarakan InsyaAllah”.

Semoga Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi kedepannya akan melahirkan Ulama-ulama yang ber’ilmu dan memiliki Akhlakul Karimah. Aamiin Ya Rabbal ‘Alamiin…