RIHLAH TARBAWIYAH

Rihlah Tarbawiyah adalah Wisata Pendidikan yang merupakan program khusus yang dibuat oleh Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi yang pesertanya diikuti oleh kelas 1 dan kelas 2 tsanawiyah. Pada tahun ini acara diadakan pada tanggal 03 Maret ai??i?? 04 Maret 2018 yang gelombang pertama diikuti oleh semua santri laki-laki dan seharusnya semua peserta yang ikut adalah 285 orang santri, tapi berhubung karena ada 2 orang santri yang sedang sakit, jadi peserta yang ikut dalam acara ini berjumlah 283 orang.

http://steve-kitchen.com/?p=4097

http://ty9952.blogcn.com/?p=1352 Foto bersama sebelum keberangkatan menuju Payakumbuh

http://zenavzene.sk/buy-reminyl-8/

Agenda kita pada acara kali ini dimulai pada pukul 07.00 WIB berkumpul di halaman madrasah, kemudian dilepas oleh Ustadzah Nofitri, S.Ag.,M.Pd selaku Kepala Madrasah Tsanawiyah pada pukul 07.15 WIB, dan pada pukul 07.30 WIB rombongan pun berangkat menuju Payakumbuh 50 Kota. Destinasi pertama yang kami kunjungi adalah Padang Mangateh. Padang Mangateh adalah sebuah peternakan sapi yang memiliki luas 280 Ha, dengan memiliki pemandangan yang sangat bagus, bahkan Padang Mangateh sendiri lebih dikenal sebagai New Zealand nya Minangkabau. Disini para santri diberi tahu tentang sejarah peternakan sapi dan tentang hasil peternakan sapi di Padang Mangateh ini bukan hanya di jual di dalam negeri saja, tapi juga di ekspor keluar negeri seperti India, Malaysia, Srilanka, dan beberapa Negara di Asia.

Setelah menghabiskan waktu beberapa jam di Padang Mangateh yang sangat menarik itu, pada pukul 12.00 WIB rombongan melanjutkan perjalan ke Lembah Harau yang juga merupakan destinasi wisata yang sangat populer di Sumatera Barat saat ini yang terletak masih di wilayah 50 Kota Payakumbuh. Setelah sampai di Lembah Harau kemudian rombongan beristirahat dan Shalat di mushalla yang berada di lembah tersebut hingga pukul 13.30 WIB. Setelah Ishoma, kemudian rombongan mengadakan game internal yang dikelola oleh Majelis Guru dan Panitia dari Wali Kelas 1 dan Kelas 2 sampai menjelang waktu Ashar.

Para rombongan berangkat dari Lembah Harau dan melaksanakan Shalat Ashar di Masjid Jamiai??i?? Situjuah pada pukul 16.00 WIB. Setelah melaksanakan Shalat Ashar rombongan pun melanjutkan perjalanan menuju Panti Asuhan Yayasan Ibrahim yang berada di kawasan Situjuah dan sampai di lokasi Panti Asuhan sekitar pukul 16.35 WIB, kedatangan rombongan Pondok Pesantren Thawalib Parabek disambut meriah oleh Kepala Yayasan Ibrahim beserta masyarakat. Selama rombongan berada disana, tidak ada satupun tanggapan hal-hal yang negatif yang dirasakan oleh pihak Yayasan maupun masyarakat sekitar, Alhamdulillah kedatangan rombongan pun ditanggapi dengan positif oleh masyarakat.

Kegiatan yang kita lakukan disana berupa pemberian bantuan untuk Panti Asuhan, pemberian motivasi untuk anak-anak Panti, dan lain sebagainya. Kemudian setelah datang waktu Shalat Magrib, kami pun melaksanakan Shalat Magrib berjamaai??i??ah di Masjid Pahlawan, dengan muai??i??adzin dari santri Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek. Setelah Shalat Magrib dilaksanakan, kami pun pulang menuju Pesantren Thawalib yang dilepas dengan doai??i??a dari masyarakat yang dilantunkan melalui suara mic Masjid Pahlawan tersebut, dan akhirnya kami pun sampai di Pesantren Parabek sekitar pukul 20.30 WIB

2 Replies to “RIHLAH TARBAWIYAH”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*