KULIAH UMUM BERSAMA USTAD DR. ALY ABDEL MONIEM : MAQASHID SYARI’AH

Ma’had Aly Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi kembali mengadakan kegiatan Kuliah Umum pada tanggal 16 Oktober 2017 bersama Ustad Dr. Aly Abdel Moniem yang merupakan pakar Maqashid Syari’ah dari Maqashid Institute London.

Kedatangan Ustad Dr. Aly Abdel Moniem pukul -+ 09:00 WIB langsung disambut dengan hangat oleh Jajaran Pimpinan Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi dan Ma’had Aly Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi di ruangan Pimpinan Pondok. Pertemuan tersebut berlangsung dengan bincangan ringan bersama Ustad Dr. Aly Abdel Moniem yang berasal dari Negara Mesir dan sekarang beliau sudah menjadi Warga Negara Republik Indonesia. Alhamdulillah.

Pada Pukul -+ 09:30 WIB, Kegiatan Kuliah Umum bersama Ustad Dr. Aly Abdel Moniem dengan tema : Maqahid Syari’ah dimulai. Kegiatan tersebut diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh salah seorang Mahasantri Ma’had Aly Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi dan dilanjutkan dengan kata sambutan dari Ustad H. Ilham, Lc.,MA selaku Mudir Ma’had Aly Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi.

Dalam kata sambutannya, Ustad H. Ilham, Lc.,MA mengatakan : “Ustad Dr. Aly Abdel Moniem yang dirahmati oleh Allah, kita diberikan karunia oleh Allah sebagai salahsatu penyelenggara Pendidikan Tinggi berbasis Kitab Kuning yang baru dikeluarkan Peraturan Menteri Agama nya tahun 2016. Diantara 13 penerima SK, Alhamdulillah Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi di Sumatera Barat menjadi satu-satunya Pondok Pesantren yang mendapatkan amanah sebagai penyelenggara Ma’had Aly ini.”, tuturnya. Ustad H. Ilham, Lc.,MA mewakili Civitas Akademika Ma’had Aly Sumatera Thawalib Parabek mengucapkan Jazakallahukhoir Katsiron atas kehadiran Ustad Dr. Aly Abdel Moniem, beliau berharap ini bukanlah pertemuan yang terakhir.

Setelah kata sambutan dari Ustad Ustad H. Ilham, Lc.,MA dan do’a dari mahasantri Ma’had Aly Sumtera Thawalib Parabek Bukittinggi, kegiatan selanjutnya adalah penyampaian materi oleh Ustad Dr. Aly Abdel Moniem. Diawali dengan pembukaan oleh Ustad H. M. Zaki Munawwar, Lc selaku moderator dalam kegiatan tersebut, beliau mengatakan : “Kita perlu lebih dalam mengenal Maqahid Syari’ah, untuk apa Maqahid Syari’ah itu harus kita ketahui? Apa keinginan Allah terhadap penciptaan alam semesta dan syari’at kepada setiap manusia?. Marilah kita dengarkan dengan penuh perhatian materi Maqahid Syari’ah yang disampaikan oleh Ustad Dr. Aly Abdel Moniem.”, tuturnya.

Dalam materi yang disampaikan oleh Ustad Dr. Aly Abdel Moniem, beliau awali dengan memberikan motivasi kepada santri dan mahasantri untuk terus menuntut ‘ilmu, beliau mengatakan : “Kita perlu agar menaikkan motivasi kita dalam belajar, kita juga perlu mengaitkan ilmu kita mengenai apa yang kita pelajari, artinya kita mengetahui manfaat dari apa yang akan kita pelajari. Bukan hanya itu, kita harus mengaitkan manfaat ini dengan naluri-naluri dasar manusia atau kebutuhan-kebutuhan dasar manusia.”, tuturnya.

Untuk materi lengkap yang disampaikan oleh Ustad Dr. Aly Abdel Moniem mengenai Maqahid Syari’ah, insyaAllah akan kami sajikan dalam bentuk video di chanel youtube Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi.

Semoga pertemuan dengan Ustad Dr. Aly Abdel Moniem dapat memberikan motivasi dan menambah wawasan kepada semua terkait dengan Maqahid Syari’ah. Aamiin ya Rabbal ‘Alamiin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *