Wisuda dan Perpisahan (حفلاةالتخرج) Santri Kelas Akhir Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi T.A 2017/2018

  ﷽‬

الحمد لله ربّ العالمين kita ucapkan kepada اللهُ karena dengan izin-Nya maka Perayaan Wisuda dan Perpisahan santri kelas akhir Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi tahun ajaran 2017/2018 berjalan dengan lancar. Pada perayaan wisuda tahun ini santri yang diwisuda sebanyak 127 orang, terdiri dari 60 orang santri laki-laki dan 67 orang santri perempuan. Prosesi wisuda dilakukan dengan sangat khidmat, antara wisudawan dengan orang tua maupun antara wisudawan dengan para guru, mereka terbawa dengan suasana yang sangat mengharukan ini. Para tamu dan undangan pun juga sangat menikmati acara ini dengan sangat khidmatnya.

Pada perayaan kali ini dihadiri oleh Kepala Kanwil Kemenag Sumbar, yang diwakili oleh Kasi Pendidikan Agama dan Keagamaan Bapak Yosef Khairul, Dewan Pembina Yayasan Syekh Ibrahim Musa (Yasim) Parabek, Pengurus Harian Yayasan Syekh Ibrahim Musa (Yasim) Parabek, Pimpinan Pondok se Kabupaten Agam, 4 Jinih, selanjutnya menghadiri juga Ketua Alumni Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi Bapak Dr. Ismail Novel, dan untuk sepatah kata dari wali murid dipercayakan kepada ayah dari santri M. Habibul Ihsan Almaghribi.

Bapak Warsul Anwar (Kepala Yayasan Syekh Ibrahim Musa Parabek)

Ustadz H. Ilham, Lc., MA selaku Pimpinan Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi secara resmi menyerahkan para santri kelas VI untuk kembali ke sisi orang tua mereka, dan berharap semoga orang tua puas dengan pendidikan yang telah majelis guru Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi berikan kepada anak-anak mereka. Kepada orang tua Ustadz H. Ilham, Lc., MA berpesan :

“Sekarang juga mereka telah siap ditembakkan kemana saja, mereka telah siap untuk berbagi ilmu kepada siapa saja, kepada masyarakat, kepada ummat. Mereka keluaran Khidmatul Ummah (Pengabdian kepada masyarakat), Risalah Ilmiah, memang disini ada jurusan IPS dan IPA tapi yang masyarakat tau mereka adalah anak Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi, mereka bisa menjadi Khatib, mereka bisa memberikan ceramah agama, mereka bisa mengajarkan ilmu agama. Ketika anak kita keluar dari Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi dan ditemukan ada anak yang melawan kepada orang tuanya, ada anak yang tidak mengerjakan shalat, ada anak yang membuka auratnya, maka kami siap untuk mencabut ijazah Parabeknya dan dia tidak pantas menjadi bagian dari alumni Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi.”

Ustadz H. Ilham, Lc., MA ketika memberikan pesan kepada santri yang diwisuda

Kepada para santri yang diwisuda beliau berpesan :

“Diluar antum akan mendapatkan banyak sekali rintangan, tetaplah dan kuatkanlah selalu komitmen kita. Jaga adab dan etika kita, perilaku dan sopan santun kita!. Selamat berjuang, do’a kami bersamamu, tolong do’akan kami, Buya, Sekolah dan Guru, dan tetapkanlah kami terus dalam bayangan antum. Lanjutkan pendidikan antum ke jenjang yang lebih tinggi, jangan berhenti sampai disini saja, antum adalah penerus kami, kedepan orang yang berhasil adalah orang yang berilmu dan berwawasan tinggi, mudah-mudahan ilmu yang antum dapat dan sudah didasari oleh ilmu agama di Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi dapat bermanfaat bagi masyarakat. امين يارب العالمين.”

“Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi adalah Sekolah agama yang sangat bagus, Sekolah yang mana tidak ada orang yang tidak beruntung sudah sekolah disini, karena Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi adalah Gudangnya Ilmu, ilmu dunia maupun akhirat, Sekolah ini adalah pintu menuju surga akhirat. Kepada guru kami, kami berpesan tolong tetaplah semangat untuk mengajar, tetaplah semangat untuk memberikan ilmu kepada adik-adik kami maupun kepada ummat, tetaplah sabar walaupun sangat susah, tetaplah ikhlas walaupun itu sangat berat, tolog ridhai atas segala ilmu yang telah engkau berikan kepada kami, tolong ridha dan maafkan atas segala kesalahan yang telah kami perbuat, dan tolong selalu do’akan kami untuk menjadi penerus ulama untuk menyampaian ilmu kepada ummat, وبرك الله فيكم جَزَاكُمُ اللهُ خَيْرًا.” Tutur 3 orang santri yang diwisuda (Anggi A.F., Rizki A. dan Ahmad I.)

Akhir kata,”شُكْرًا كَثِيْرًا” terimakasih banyak kami ucapkan kepada seluruh Majlis Guru dan Pegawai Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi terutama kepada seluruh Panitia acara Wisuda dan Perpisahan yang telah memberikan waktu dan kesempatannya yang semaksimalnya untuk mengatur acara kita ini sehebat dan semeriah mungkin, atas kerja sama dari semua pihak dan izin dari اللهُ  maka acara kita ini berjalan sukses dengan sangat baik, الحمد لله ربّ العالمين.

Kasi Pendidikan Agama dan Keagamaan Provinsi Sumatera Barat Bapak Yosef Khairul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*