SMAN 1 Lubuak Aluang “Padang Pariaman Adatnya, Parabek Syara’nya”

Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi mendapatkan kunjungan dari Sekolah Rujukan SMAN 1 Lubuak Aluang, Kab. Padang Pariaman pada hari ahad, 26 Agustus 2018. Rombongan dari SMAN 1 Lubuak Aluang sampai di Pondok pada pukul 11.15 WIB dengan membawa 48 orang siswa dari OSIS dan Pramuka, 8 orang guru diantaranya Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Pembina OSIS, Pembina Pramuka.

Kepala Madrasah Aliyah Ustadz Muklis, S. Sos memaparkan sejarah PonPes Sumatera Thawalib Parabek Bukittingi

Pada pertemuan yang diadakan di aula PonPes Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi ini Ibu Dra. Hj. Dian Mulyati Syarfi, M. Pd selaku Kepala Sekolah rujukan SMAN 1 Lubuak aluang memaparkan kepada Kepala Sekretariat Humas dan Keuangan Ustadz Taufik Hidayat, S. Th. I, Kepala Madrasah Aliyah Ustadz Muklis, S. Sos, Kepala Madrasah Tsanawiyah Ustadzah Nofitri, S. Ag., M. Pd, Kepala Asrama Putra Ustadz Herry Arief, SE. I, Kepala Asrama Putri Ustadzah Liza Hasda, S. Pd.I dan seluruh hadirin bahwasanya beliau ingin melakukan studi banding ke PonPes Sumatera Thawalib Parabek Bukittingi karena beliau merasa dari beberapa sekolah yang telah beliau pertimbangkan PonPes Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi yang rasanya cocok untuk dikunjungi.

Kepala Sekolah SMAN 1 Lubuak Aluang Dra. Hj. Dian Mulyati Syarfi, M. Pd mengutarakan tujuannya berkunjung ke PonPes Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi

Kunjungan ini adalah sebuah program dari sekolah SMAN 1 Lubuak Aluang sebagai sekolah rujukan yaitu mengunjungi sekolah yang memiliki khas tertentu. PonPes Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi dirasa memiliki khas dari segi historisnya, ilmu keislaman dan juga terbukti memilki tamatan yang berkarakter, sehingga SMAN 1 Lubuak Aluang bisa menerapkan cara dan beradaptasi dengan perubahan yang baik ini. Setelah mendapatkan informasi tentang kesiswaan yang berkarakter, keilmuan sains dan Alqur’an dan lain sebagainya yang dipaparkan oleh Ustadz Muklis, S. Sos, bagaimana cara mendidik anak-anak dengan baik dan yang berkarakter, beragama yang selalu menjadi kebiasaan dalam kehidupan mereka.

Dalam pertemuan ini, juga diisi dengan tanya jawab dari pihak SMAN 1 Lubuak Aluang tentang apa saja mengenai PonPes Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi, mulai dari pendidikan berbahasa, pendidikan karakter dan sebagainya. Dan pertanyaan-pertanyaan tersebut dijawab oleh Ustadz dan Ustadzah PonPes Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi dengan memberikan kepuasan dan pengetahuan baru bagi pihak SMAN 1 Lubuak Aluang.

Terakhir Ibu Dra. Hj. Dian Mulyati Syarfi, M. Pd juga menambahkan bahwa SMAN 1 Lubuak Aluang juga ada program pemerintah yaitu “Adat basandi syara’, syara’ basandi kitabullah”. Beliau berharap Jika di Padang Pariaman sebagai Adatnya maka Parabek sebagai Syara’nya.

Tidak lupa juga dalam akhir pertemuan ini rombongan SMAN 1 Lubuak Aluang dan PonPes Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi saling bertukar buah tangan. Dan terimakasih banyak kami ucapkan kepada SMAN 1 Lubuak Aluang yang telah bersedia berkunjung ke PonPes Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi, semoga kerjasama kita ini terjalin harmonis kedepannya.

Foto bersama Pimpinan Madrasah Sumatera Thawalib Parabek dengan rombongan dari SMAN 1 Lubuak Aluang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*