Seleksi Musabaqah Hifzhil Qur’an Nasional dan ASEAN Wilayah Sumatera Barat di PonPes Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi

Musabaqah Hifzhil Qur’an antar Pondok Pesantren dan Lembaga Tahfizh se Indonesia ke 4 untuk seleksi wilayah Sumatera Barat dilaksanakan di Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi. Acara ini diadakan selama 2 hari yaitu pada hari Sabtu-Minggu (18-19 Agustus 2018).

Dimulai pada Hari Sabtu 18 Agustus 2018 pukul 07.00 WIB  meja pendaftaran sudah mulai dibuka untuk proses regristasi ulang peserta yang akan mengikuti Musabaqah Hifzhil Qur’an Nasional ke 4 untuk seleksi wilayah Sumatera Barat.

Setelah menyantap hidangan sarapan pagi di ruangan Pondok, kemudian tamu istimewa dan dewan juri diajak memasuki ruangan aula Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi untuk memulai acara pembukaan. Tamu istimewa yang hadir yaitu Kemenag Agam, Camat Banuhampu, KUA Banuhampu, Kapolsek Banuhampu, Wali Nagari Ladang Laweh, Kepala Jorong Parabek dan Kepala Jorong Bangkaweh.

Berbincang kecil Pimpinan Pondok beserta Dewan Juri dan Tamu VIP di ruangan Pondok sembari sarapan pagi

Dan turut hadir dalam acara pembukaan yaitu Pimpinan Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi Buya H. Masrur Syahar, Syaikhu Madrasah Buya Deswandi, Pimpinan Ma’had Aly Sumatera Thawalib Parabek Ustadz H. Ilham, Lc., MA, Wakil Pimpinan Pondok Ustadz Drs. H. Zulfahmi, Kepala Madrasah Aliyah Ustadz Muklis, S. Sos, Kepala Madrasah Tsanawiyah Ustadzah Nofitri, S, Ag., M. Pd dan Kepala Sekretariat Humas dan Keuangan Ustadz Taufik Hidayat, S. Th. I, beserta Dewan Juri dan seluruh peserta Musabaqah dan santri Tahfizh Excelent.

Pada pukul 08.30 WIB dimulai acara pembukaan Musabaqah dan yang berkesempatan sebagai pembawa acara yaitu Ustadz M. Risal, S. HI. Pada kesempatan ini kata sambutan diberikan oleh Ustadz Drs. H. Zulfahmi selaku Wakil Pimpinan Pondok yang dalam sambutannya beliau berpesan kepada para peserta agar selalu optimis untuk menghadapi ujian nantinya, dan jangan sampai demam panggung. Kata sambutan selanjutnya disampaikan oleh Bapak H. Agus Sugianto, MM dari Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta dan juga Bapak H. Mursal Asmir, SH., S. Ag., M. Hum dari KASI Pontren Kemenag Agam serta sambutan dan pengarahan dari Ketua Panitia Wilayah Ustadz Taufik Hidayat, S. Th. I.

Sambutan dari Ustadz Drs. H. Zulfahmi

Dalam pembukaan ini juga dihiasi dengan serah terima cetakan Alqur’an 1 Juz dari Lembaga Tahfizh dan Tahsin Nurul Qur’an Jakarta oleh Ustadz H. Achmad Khotib, SQ., MA kepada Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi. Dan acara ini pun resmi dibuka oleh Pimpinan Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi Buya H. Masrur Syahar.

Setelah dibukanya Musabaqah Hifzhil Qur’an tingkat Nasional antar Pesantren dan Lembaga Tahfizh ke 4 ini pada pukul 10.00 WIB kemudian para peserta diarahkan ke ruangan perlombaan yang telah disiapkan oleh panitia.

Peresmian dibukanya acara Muasaqah Hifzhil Qur’an tingkat Nasional seleksi wilayah Sumbar oleh Buya H. Masrur Syahar

Adapun Dewan Juri yang ikut berpartisipasi dalam acara ini yaitu :

  1. Achmad Khotib, SQ., MA (Juri Pusat)
  2. M. Ridha, Lc., MA
  3. Ilham, Lc., MA
  4. Ifdhal, S. Ag
  5. Hamdi, S. IQ
  6. Nadrial, S. Ag

 Peserta yang mengikuti Musabaqah yaitu :

  • Kategori 5 Juz Putra 31 peserta, Putri 25 peserta
  • Kategori 10 Juz Putra 19 peserta, Putri 13 peserta
  • Kategori 15 Juz Putra 12 peserta, Putri 5 peserta
  • Kategori 20 Juz Putra 7 peserta, Putri 1 peserta
  • Kategori 25 Juz Putra 3 peserta, Putri 2 peserta
  • Kategori 30 Juz Putra 6 peserta, Putri 0 peserta

Dalam proses penilaian peserta Musabaqah dibagi dalam 3 kelompok, yaitu ruangan pertama peserta kategori 5 Juz, ruangan ke dua peserta kategori 10 dan 30 Juz dan ruangan ke tiga peserta kategori 15, 20 & 25 Juz dengan disetiap ruangan terdapat 2 orang dewan juri yang akan memberikan tes. Kegiatan Musabaqah Hifzhil Qur’an dilaksanakan cukup lama hingga pukul 18.00 WIB dengan jadwal istirahat sesuai dengan masuknya waktu Shalat Zuhur dan Ashar.

Peserta tahfizh pura sedang melantunkan hafalannya

Peserta tahfizh putri melantunkan hafalannya

 

Hari kedua, Minggu 19 Agustus 2018

Pada hari Sabtu semua peserta telah selesai diambil nilai dan untuk hari Minggu pagi acara penutupan sekaligus pembacaan pemenang dalam musabaqah ini. Acara dimulai pada pukul 08.30 WIB yang berlokasi di aula Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi.

Acara penutupan ini dihadiri oleh Pimpinan Pondok, Syaikhu Madrasah, Pimpinan Ma’had ‘Aly, Wakil Pimpinan Pondok, Kepala Sekretariat Humas dan Keuangan, Kepala Madrasah Aliyah, Kepala Madrasah Tsanawiyah, serta Kepala Asrama Putri.

Kemudian diumumkanlah para pemenang Musabaqah Hifzhil Qur’an Tingkat Nasional antar Pesantren dan Lembaga Tahfizh ke 4 untuk seleksi wilayah Sumatera Barat. Dan akhirnya diperoleh Juara umum yaitu dari Bangko. Untuk detail pemenang dapat di download disini.

Foto bersama pemenang kategori putra

Foto bersama pemenang kategori putri

Dan akhirnya Musabaqah Hifzhil Qur’an secara resmi ditutup oleh Ustadz Drs. H. Zulfahmi

Selamat kami ucapkan kepada para pemenang MHQ Nasional wilayah Sumatera Barat, dan bersiap-siaplah untuk melangkah ke perlombaan inti yang InsyaAllah akan diadakan pada bulan November 2018 di Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta. Semoga dengan perlombaan ini dapat meningkatkan keimanan kita kepada Allah dan rasa persaudaraan sesama Muslim.

Terimakasih banyak kepada panitia dan pihak terkait yang sudah berjuang untuk melangsungkan acara ini hingga sukses.

Penyerahan Alqur’an cetakan 1 Juz dari lembaga Tahfizh dan Tahsin Nurul Qur’an Jakarta oleh Ustadz H. Achmad Khotib, SQ., MA

Sambutan dari Bapak H. Mursal Asmir, SH., S. Ag., M. Hum KASI Pontren Kemenag Agam

Sepatah kata dari Bapak H. Agus Sugianto, MM dari Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta

Sambutan dari Ustadz Taufik Hidayat, S. Th. I selaku Ketua Panitia Wilayah Sumbar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*