Pesantren Thawalib Parabek dan MTI Canduang Sebagai Studi Kasus UIN Imam Bonjol Padang

Sabtu, 29 September 2018.

Tim Peneliti dari Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang berkunjung ke Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi guna untuk melakukan penelitian “Focus Group Discussion (FGD)” dengan tema : “Pemetaan Karakteristik Pesantren Dalam Pengembangan Pendidikan Islam di Sumatera Barat” dengan studi kasus Pesantren Sumatera Thawalib Parabek dan Pesantren MTI Canduang.

Tim peneliti dari UIN Imam Bonjol ini diketuai oleh Bapak Prof. Dr. Zulmuqim, MA (Guru Besar Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang) beserta 3 orang anggota tim peneliti lainnya. Dan juga dihadiri oleh Majlis Guru MTI Canduang yaitu Ustadz Zulkifli, MA selaku Pimpinan Pesantren MTI Canduang beserta 5 orang guru MTI Canduang. Dari Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi sendiri dihadiri oleh petinggi Pondok yaitu Syaikhul Madrasah Buya Deswandi, Pimpinan Pondok Ustadz H. Masrur Syahar, Wakil Pimpinan Ustadz Drs. H. Zulfahmi, Kepala Sekretariat, Humas dan Keuangan Ustadz Taufik Hidayat, S. Th. I, Mudir Ma’had Aly Ustadz H. Ilham, Lc., MA, dan juga dihadiri oleh Ketua Alumni Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi Bapak Dr. H. Ismail Novel, M. Ag.

Pertemuan ini dilaksanakan dari pukul 10.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB yang bertempat di Ruangan Pondok. Hingga pertemuan ini pun berakhir dengan jamuan makan siang bersama. Semoga dengan diadakannya penelitian ini dapat menambah kredibilitas Pondok Pesantren yang ada di Sumatera Barat maupun di Indonesia pada umumnya sehingga dapat mempertahankan karakteristik dari sebuah Pondok Pesantren dan juga tidak ketinggalan dalam pembelajaran serta dapat bersaing dengan sekolah-sekolah umum yang sudah maju.

Di akhir acara pun sebelum kembali ke Padang Prof. Dr. Zulmuqim, MA meluangkan sedikit waktunya untuk memberikan testimoni ucapan selamat Milad 108 Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi yang ditayangkan langsung di Facebook PonPes Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*