Lebih Kurang 100 Pimpinan Pondok Pesantren Se-Indonesia Menghadiri Seminar Internasional

Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi mengadakan rangkaian perayaan MILAD 108 tahun dengan agenda yang ke 5 yaitu Seminar Internasional yang pesertanya adalah Pimpinan-PimpinanPondok Pesantren se Indonesia. Sedangkan yang bertindak sebagai pematerinya yaitu ada Bapak DR. H. Ahmad Zayadi, M. Pd (Direktur PD Pondok Pesantren Kemenag RI) dengan tema : Pesantren Sebagai Basis Arus Baru Kebangkitan Ekonomi Umat. Selanjutnya ada Bapak Prof. DR. H. Muhammad Zilal Hamzah, PhD (Chairman of the Indonesian Business School (STIEBI), Anggota Dewan Penasehat IAEI) dengan tema : Strategi Pengembangan Ekonomi Pesantren. Buya Deswandi (Syaikhul Madrasah Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi) dengan tema : Dinamika Pesantren Dalam Perspektif Ekonomi. Dan pemateri yang tak kalah istimewanya yang datang langsung dari Malaysia yaitu Bapak Ybhg. Prof. Madya Dr. H. Abdul Rahman Bin Ayub (Ahli Lembaga Pemegang Amanah YBK, Malaysia) yang mengusung tema : Peran Pesantren Dalam Membasmi Kemiskinan. Dan juga tidak kalahnya yang bertindak sebagai Moderator yaitu Bapak DR. H. Ismail, M. Ag (Direktur Pascasarjana IAIN Bukittinggi) yang juga merupakan Alumni dari Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi.

Pada pukul 08.30 disambut kedatangan bapak DR. H. Ahmad Zayadi, M. Pd yang mana beliau terbang dari jakarta dan langsung ke bukittinggi pada pagi itu juga. Kedatangan beliau disambut dengan menampilkan tari pasambahan yang diabawakan oleh para santriwati Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi. Kemudian acara pun dimulai pada pukul 09.30 yang bertempat di aula Pondok.

Seminar ini dihadiri oleh Syaikhul Madrasah Buya Deswandi, Pimpinan Pondok Buya H. Masrur Syahar, Wakil Pimpinan Ustadz Drs. H. Zulfahmi, Kepala Sekretariat, Humas dan Keuangan Ustadz Taufik Hidayat, S. Th. I, Kepala Madrasah Aliyah Ustadz Muklis, S. Sos. I, Kepala Madrasah Tsanawiyah Ustadzah Nofitri, S. Ag., M. Pd, Mudir Ma’had Aly Ustadz H. Ilham, Lc., MA dan Kepala Asrama Putri Ustadzah Liza Hasda, S. Pd. I. Pimpinan Yayasan Syekh Ibrahim Musa (YASIM) Bapak Warsul Anwar dan beberapa orang pengurus yayasan, Kakanwil Sumatera Barat, KUA Banuhampu dan beberapa orang tamu dari Malaysia.

Sekitar 100 orang Pimpinan Pondok Pesantren se Indonesia yang hadir dimulai dari Sumatera Utara dan bahkan ada juga yang berasal dari Lombok. Banyak sekali yang dibahas dalam seminar ini, diantaranya bagaimana cara menunjang perekonomian Pesantren lebih maju lagi, cara mempersatukan Pesantren dan masih banyak lagi. Semoga dengan pembahasan yang dikemukakan dalam seminar ini dapat menghasilkan sesuatu yang sangat bermanfaat bagi Pondok Pesantren sehingga kedepannya Pesantren di Indonesia menjadi Sekolah yang sangat diperhitungkan mendapatkan kepercayaan yang sangat baik dari masyarakat.

 

GALERY

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*