Grand Final Sumatera Olympiad Roadshow Parabek (SORP) 2018 Meriah

Tampak antusias ratusan santri, peserta olimpiade, dan pendamping mereka pada pagelaran SORP 2018.(Foto:Zaki)
Penampilan Tari Pasambahan Oleh Santri-Santri terbaik Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi tingkat kelas Tsanawiyah.
(Foto: Zaki)

Grand Final Sumatera Olympiad Roadshow Parabek (SORP) 2018 Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi berjalan lancar dan meriah. Pembukaan yang dimulai pada pukul 08.30 WIB ini di sambut antusias bagi peserta yang ikut berkompetisi. Tak terkecuali bagi para guru dan orang tua peserta yang memberikan pernyataan senang kepada penulis saat berbincang-bincang di plataran parkir pondok pesantren tersebut.

Seperti ungkapan Untung Khodar yang merupakan orang tua dari peserta kompetisi yang bernama Rahmat Father, Siswa Kelas 6 SD N 06 Pauh, Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman. Ia menuturkan berkat terselenggaranya acara ini perluasan kesempatan bagi anaknya untuk A�berkompetisi terbuka lebar, serta dapat pula melatih mental dan mengukur batas kemampuannya. Sementara itu pada kesempatan lain, pendamping peserta yang bernama Yulisman juga memberikan pernyataannya kepada penulis, bahwa acara ini dapat memotifasi peserta untuk terus bergiat dalam belajar. Di tempat terpisah, Khairunnas yang merupakan orang tua dari peserta Ammar Hanif Khairani, Siswa SD Islam Assofa Pekanbaru. Ia mengatakan bahwa acara ini dapat memberikan spirit bagi anak-anak untuk menambah kemampuan mereka dimasa mendatang.

Grand Final SORP 2018 di pandu oleh pembawa acara berbakat Ustazd Muhammad Arif Zainahar,SS. Diawali dengan pengumpulan peserta kompetisi di Lapangan Utama Kampus Ponpes Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi yang kemudian diikuti oleh guru dan pendamping mereka, serta diikuti pula oleh santriwan dan santriwati untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Selanjutnya tamu VIP diantaranya Kakankemenag Kabupaten Agam, KAU Kecamatan Banuhampu, Syaikhul Madrasah, Pimpinan Pondok, Wakil Pimpinan Pondok, Kepala Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah serta Kepala Sekretariat, Humas, dan Keuangan yang juga Ketua Panitia Pelaksana ketikaA� memasuki lokasi acara diiringi dengan tepuk tangan oleh seluruh peserta yang hadir. Sebelum tamu VIP duduk di tempat yang disediakan oleh panitia dan team protokoler, terlebih dahulu mereka disambut dengan tari pasambahan yang dibawakan oleh santri-santri terbaik, yang masing-masing masih duduk di kelas tingkat tsanawiyah.

Sampai penampilan mereka selesai, terlihat tamu VIP berjalan menuju tampat duduk yang telah disediakan panitia. Selang beberapa waktu kemudian, pembawa acara memanggil santri terbaik pondok pesantren yang bernama Farhan Ikramu Harsa untuk membawakan ayat suci al-quran dihadapan seluruh peserta, berkat kemerduan suara santri yang masih berumur belasan tahun ini, terlihat banyak para peserta, undangan, dan semua yang hadir terperangah takjub mendengarkannya.

Setelah pembacaan ayat suci al-quran selesai dikumandangkan, dalam rangkaian rundown pelaksanaan pembukaan SORP 2018 terlihat sambutan yang disampaikan oleh ketua panitia ustadz Taufik Hidayat,S.Th.I, kemudian kata sambutan dari pimpinan pondok pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi Ustadz H.Ilham,Lc,MA, selanjutnya kata sambutan sekaligus membuka secara resmi acara SORP 2018 oleh Kakankemenag Kabupaten Agam H.Mursal Asmir,MH.I setelah itu pelepasan santri menuju ruangan olimpiade yang telah dipersiapkan oleh panitia sebelumnya.

SORP 2018 merupakan kegiatan tahunan yang telah berjalan selama tiga periode, dengan tujuan untuk mensosialisasikan dan juga mempromosikan Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi. Kegiatan yang difokuskan pada olimpiade matematika ini telah memasuki babak final dan diikuti seluruh Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang berada di 6 provinsi, yaitu: Provinsi Sumatera Barat, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Jambi dan Bengkulu.

Kegiatan yang terselenggara berkat kerjasama dengan beberapa lembaga ini seperti: Penerbit Erlangga, BNI Syariah, IAIN Bukittinggi, Century Media Digital Printing serta lembaga-lembaga lainnya, telah berdampak positif bagi kesuksesan acara serta kebaikan dan kemajuan pondok pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinngi dimasa yang akan datang.(Z)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*