Core Value Rabu, 26 Mei 2018

Oleh : Ustadz Yahdi, S. Kom

Judul : Taqwa

بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Taqwa adalah tunduk dan patuh terhadap apa yang diperintah oleh اللَّهَ dan meninggalkan segala larangan-Nya. Dalam Al-Qur’an QS. Aali ‘Imran, ayat 102  اللَّهَ menyuruh kita untuk bertaqwa kepada-Nya dengan sebenar-benarnya, yang berbunyi :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ

Artinya : Wahai orang-orang yang beriman! Bertaqwalah kepada اللَّهَ sebenar-benar taqwa kepada-Nya dan janganlah kamu mati kecuali dalam keadaan Muslim.

Seorang muslim hendaklah menggunakan kesempatan di bulan yang barakah ini dengan ketaqwaan, keta’atan dan amal shaleh serta meninggalkan berbagai keburukan. Semoga Allah menerima amal dan memberi taufiq untuk tetap istiqamah dalam kebenaran. Keburukan tetap dibalas semisalnya,  tidak dilipatgandakan dalam bilangan,  baik di bulan Ramadhan maupun selain Ramadhan. Sementara kebaikan dilipatgandakan sepuluh kali sampai berlipat-lipat. Berdasarkan firman Allah di surat Al-An’am:

( مَنْ جَاءَ بِالْحَسَنَةِ فَلَهُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا وَمَنْ جَاءَ بِالسَّيِّئَةِ فَلا يُجْزَى إِلا مِثْلَهَا وَهُمْ لا يُظْلَمُونَ ) سورة الأنعام: 160

“Barangsiapa membawa amal yang baik, maka baginya (pahala) sepuluh kali lipat amalnya; dan barangsiapa yang membawa perbuatan jahat maka dia tidak diberi pembalasan melainkan seimbang dengan kejahatannya, sedang mereka sedikitpun tidak dianiaya (dirugikan).” (QS. Al-An’am: 160)

Dari ayat di atas dijelaskan bahwa kebaikan yang dilakukan dilipat gandakan hingga 10 kali lipat, apalagi dalam bulan ramadhan, kenapa? Karena Ramadhan adalah bulan yang mulia, bulan pengampunan, bulan yang diberkahi. Jadi perbanyakalah melakukan perbutan baik dan amal shaleh selama ramadhan ini.

والله أعلمُ بالـصـواب

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*