CORE VALUE RABU 21 APRIL 2018 : Ustadzah Nasyatul Amna, S. Pd, (LEIN & AL-QUR’AN)

بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Core value hari ini Sabtu, 21 April 2018 yaitu oleh Ustadzah Nasyatul Amna, S. Pd, ada dua materi yang di kemukakan oleh beliau, yaitu :

  1. Lein ( Lemah Lembut )

Hati manusia akan condong kepada orang yang bersikap lemah-lembut kepadanya. Oleh karena itulah, di antara kewajiban da’i atau mubaligh adalah memilih kalimat yang lembut dan tidak kasar, agar dakwah sampai kepada manusia. Jangan sampai manusia lari dari agama, padahal dakwah belum sampai kepada mereka. Oleh karenanya, banyak bimbingan dari Allah dan Rasul-Nya agar da’i bersikap lembut ketika berdakwah, sehingga dakwah akan sampai kepada mada’u (obyek dakwah) dengan baik. Allah menyuruh manusia untuk berlaku lemah lembut sebagaimana Allah pun mempunyai sifat maha lembut. Imam Al-Bukhari meriwayatkan dari Aisyah R.A, Hadits no. 6927 bahwa Rasulullah ﷺ bersabda.

يَاعَائِشَةُ إِنَّ اللَّهَ رَفِيْقٌ يُحِبُّ الرِّفْقَ فِيْ الأَمْرِ كُلِّهِ

“Wahai Aisyah, sesungguhnya Allah itu Maha lembut dan mencintai kelembutan di dalam semua urusan”

  1. Amalan Membaca Al-Qur’an

Al-Qur’an adalah kitab suci yang diturunkan Allah kepada Rasulullah ﷺ yang merupakan sumber hukum yang pertama bagi kaum muslimin. Banyak sekali dalil yang menunjukkan keutamaan membaca Al-Quran serta kemuliaan para pembacanya. Orang yang membaca Al-Qur’an senantiasa mendapatkan kemuliaan dari Allah bahkan orang yang masih terbata-bata dalam membaca Al-Qur’an pun mendapatkan dua pahala, sebagaimana sabda Nabi Muhammad ﷺ.

عَن عَائِشَةَ رَضي اللٌهُ عَنهاَ قَالَتُ:قَالَ رَسُولُ اللٌهِ صَلٌي اللٌهُ عَلَيهِ وَ سَلٌم الَماهر باِلقُرانِ مَعَ السَفَرَةَ الكِرَامِ الَبَرَرَةِ وَاٌلَذِي يَقُراٌ القُرانَ وَيَتَتَعتَعُ فِيه وَهُوَ عَلَيهِ شَاقٌ لَه اَجَران (رواه البخارى ومسلم وابو داوود والترمذى وابن ماجه)

Dari Aisyah r.a berkata bahwa Rasulullah ﷺ bersabda, “Orang yang ahli dalam al Qur’an akan berada bersama malaikat pencatat yang mulia lagi benar, dan orang terbata-bata membaca al Qur’an sedang ia bersusah payah (mempelajarinya), maka baginya pahala dua kali.” (Hr. Bukhari, Nasa’i, Muslim, Abu Daud, Tarmidzi, dan Ibnu Majah)

Kita harus mengusahakan untuk membaca 1 juz dalam 1 hari, jika belum sanggup, bacalah 1 surat, jika belum sanggup lagi, bacalah 1 ayat, jika tetap belum sanggup, katakanlah “Ya Allah, apa salahku… Jika membaca 1 ayat pun aku tak sanggup”

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*