CORE VALUE RABU, 09 MEI 2018

Oleh : Ustadzah Sri Hartati, S. Pd

Judul : Ahlul ‘Ilmi wal Ibadah

Yang dimaksud dengan ahli ilmu (orang alim) adalah orang yang mempunyai pemahaman agama dengan baik, dan pengetahuannya itu dipraktekkan dalam sikap, perilakunya serta ibadahnya sehari-hari. Sedang yang dimaksud dengan ahli ibadah (orang yang banyak ibadahnya) adalah orang yang kuat dan banyak ibadahnya, namun ibadah yang ia lakukan tidak banyak yang didasari dengan ilmu syari’at. Yang dimaksud dengan ahli ilmu dan ibadah adalah orang yang mengerti dengan syari’at islam dan rajin beribadah yang ibadahnya itu didasari dengan syari’at islam.

Orang ‘alim tidak akan meninggalkan sedikitpun hal kecil yang bernilai ibadah. Banyak sekali hal kecil yang kita fikir itu bukanlah menjadi sesuatu masalah, bukanlah merupakan suatu yang berguna, tapi ingatlah hal-hal kecil itu bisa menjadi faktor kita memasuki surga الله, karena Nabi Muhammad ﷺ bersabda :

« لاَ تَحْقِرَنَّ مِنَ الْمَعْرُوفِ شَيْئًا وَلَوْ أَنْ تَلْقَى أَخَاكَ بِوَجْهٍ طَلْقٍ ».

Jangan sekali-kali kamu meremehkan kebaikan sedikitpun, meskipun (hanya) kamu bertemu dengan saudaramu dalam keadaan tersenyum.” (Hr. Muslim)

Dalam hadits lain Nabi Muhammad juga bersabda :

بَيْنَمَا رَجُلٌ يَمْشِى بِطَرِيقٍ وَجَدَ غُصْنَ شَوْكٍ عَلَى الطَّرِيقِ فَأَخَّرَهُ ، فَشَكَرَ اللَّهُ لَهُ ، فَغَفَرَ لَهُ

Tatkala ada seseorang berjalan di sebuah jalan maka ia mendapati dahan berduri di tengah jalan, maka iapun menjauhkan dahan berduri tersebut maka الله berterima-kasih kepadanya, dan dia pun mengampuninya” (Hr. Bukhari, Muslim dan selainnya)

Dalam hal ini ada perkataan dari Ulama besar Indonesia yaitu K.H Maimun Zubair Dawuh, beliau mengatakan :
• Jika engkau melihat seekor semut terpeleset dan jatuh di air, maka angkat dan tolonglah! Barangkali itu menjadi penyebab ampunan bagimu di akherat.
• Jika engkau menjumpai batu kecil di jalan yang bisa menggangu jalannya kaum muslimin, maka singkirkanlah! Barangkali itu menjadi penyebab dimudahkannya jalanmu menuju surga.
• Jika engkau bukanlah seorang yang mengusai banyak ilmu agama, maka ajarkanlah “alif, ba, ta” kepada anak-anak mu! Setidaknya itu menjadi amal jariyah untukmu yang tak akan terputus pahalanya meski engkau berada di alam kuburmu.
• Jika engkau menjumpai anak ayam terpisah dari induknya, maka ambil dan susulkan ia dengan induknya! Semoga itu menjadi penyebab الله mengumpulkan dirimu dan keluargamu di surga.
• Jika engkau melihat orang tua membutuhkan tumpangan, maka antarkanlah ia! Barangkali itu mejadi sebab kelapangan rezekimu di dunia.
• Jika engkau tidak bisa berbuat kebaikan sama sekali, maka tahanlah tangan dan lisanmu dari menyakiti! Setidaknya itu menjadi sedekah untuk dirimu.
Al-Imam Ibnul Mubarak Rahimahullah berkata:

رُبَّ عَمَلٍ صَغِيرٍ تُعَظِّمُهُ النِّيَّةُ ، وَرُبَّ عَمَلٍ كَبِيرٍ تُصَغِّرُهُ النِّيَّةُ

Betapa banyak amalan kecil, akan tetapi menjadi besar karena niat pelakunya. Dan berapa banyak amalan besar, menjadi kecil karena niat pelakunya

والله أعلمُ بالـصـواب

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*