CORE VALUE RABU 08 NOVEMBER 2017 : Ustadzah Sespirawati, S.S (Birrul)

Rabu, 06 November 2017 pukul -+ 7:15 WIB – selesai Civitas Akademik Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi kembali mengadakan kegiatan rutin Core Value. Pada kegiatan Core Value hari ini yang menyampaikan tausiyah adalah Ustadzah Sespirawati, S.S selaku Guru Bahasa Indonesia di Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi.

Dalam tausiyah-nya Ustadzah Sespirawati, S.S mengatakan : “Birrul secara harfiah memiliki makna Perbuatan Baik, didalam Al-Qur’an begitu banyak firman Allah yang membahas masalah Birrul ini, salah satunya yang terdapat dalam surat Al-Baqarah ayat 177, Allah ‘Azza wa Jalla berfirman :
لَيْسَ الْبِرَّ أَنْ تُوَلُّوا وُجُوهَكُمْ قِبَلَ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ وَلَٰكِنَّ الْبِرَّ مَنْ آمَنَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ وَالْمَلَائِكَةِ وَالْكِتَابِ وَالنَّبِيِّينَ وَآتَى الْمَالَ عَلَىٰ حُبِّهِ ذَوِي الْقُرْبَىٰ وَالْيَتَامَىٰ وَالْمَسَاكِينَ وَابْنَ السَّبِيلِ وَالسَّائِلِينَ وَفِي الرِّقَابِ وَأَقَامَ الصَّلَاةَ وَآتَى الزَّكَاةَ وَالْمُوفُونَ بِعَهْدِهِمْ إِذَا عَاهَدُوا ۖ وَالصَّابِرِينَ فِي الْبَأْسَاءِ وَالضَّرَّاءِ وَحِينَ الْبَأْسِ ۗ أُولَٰئِكَ الَّذِينَ صَدَقُوا ۖ وَأُولَٰئِكَ هُمُ الْمُتَّقُونَ

Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan, akan tetapi sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir (yang memerlukan pertolongan) dan orang-orang yang meminta-minta; dan (memerdekakan) hamba sahaya, mendirikan shalat, dan menunaikan zakat; dan orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji, dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar (imannya); dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa.

Didalam ayat tersebut, Allah ‘Azza wa Jalla menjelaskan bahwasanya kebaikan itu tidak hanya sholat, puasa, zakat, haji dan memerdekakan anak yatim. Salah satu diantara kebaikan yang disebutkan didalam ayat diatas adalah kita bersabar atas apapun yang Allah ‘Azza wa Jalla tetapkan kepada kita.”, tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut Ustad Taufiq Hidayat, S.Th.I selaku Kepala Sekretariat, Humas & Keuangan mengatkan : “Dua tahun yang lalu Alhamdulillah kita mendapatkan penghargaan dari Gebu Minang untuk Syekh Ibrahim Musa Parabek, dan untuk tahun ini kita Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi mendapatkan penghargaan dari Indonesia Achievement Center yang akan diserahkan insyaAllah pada hari jum’at besok. Mudah-mudahan ini menjadi kekuatan dan kebaikan bagi Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi untuk kedepannya.

Semoga Allah ‘Azza wa Jalla menjadikan Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi menjadi lembaga pendidikan yang terus dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan pelayanannya kepada seluruh Muslimin. Aamiin ya Rabbal ‘Alamiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*