Assosiasi Sekolah Swasta Thailand Berkunjung ke PonPes Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi

بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

PARABEK (24/7) Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi menerima kehadiran tamu dari Thailand. Tamu yang berjumlah 6 orang tersebut merupakan perwakilan dari Private School At Special Zon Association of Songkhla Thailand. Kunjungan ini merupakan kunjungan dalam rangka menjalin kerjasama untuk bidang pendidikan dan penelitian akademis antara kedua institusi.

Para tamu datang dan disambut lansung oleh Pimpinan Pondok Buya H. Masrur Syahar dan didampingi oleh Wakil Pimpinan Pondok Ust. Drs. H. Zulfahmi, Kepala Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah Ustadzah Nofitri, S.Ag., M.Pd. dan Ustadz Muklis, S.Sos.I serta Kepala Asrama Putri Ustadzah Liza Hasda, S.Pd.

Pada Awal kedatangan para tamu lansung di ajak berkeliling Sekolah dan menuju salah satu kelas yang sedang belajar dengan dipandu oleh Kepala Sekretariat, Humas dan Keuangan PonPes Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi Ustadz Taufik Hidayat, S.Th.I. Di dalam kelas Buya Imran langsung bercengkrama dengan para santri yang tengah belajar. Beliau memperkenalkan diri dan rombongan serta menjelaskan maksud dan tujuannya datang ke Parabek. Setelah Buya Amran, tidak ketinggalan Mr. Asman Bin Yusof yaitu Dosen dari College Community Narathiwat serta Mr. Dunyarat Booyosoh “President of Private School At Special Zon Association of Songkhla Thailand” membuat kagum para santri dengan kedekatan antara Minang dan Thailand. Mr. Asman mengajarkan cara menyapa dan berhitung dalam Bahasa Thailand. Beliau mengatakan bahwa antara Minang dan Thailand sangatlah dekat, terlihat dengan kemiripan angka-angka dalam berhitung. Hal ini membuat para santri mendapatkan pengalaman baru.

Rombongan tamu mengunjungi salah satu kelas

Selepas melihat kegiatan belajar mengajar tamu dan pimpinan Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi kembali ke ruangan Pondok untuk melanjutkan agenda pertemuan dalam kunjungan ke Parabek. Pada pertemuan ini dibicarakan tentang agenda kerjasama yang bisa terjalin antara Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi dan Private School At Special Zon Association of Songkhla Thailand, diantaranya adalah program pertukaran pelajar dan pertukaran Tenaga Pengajar. Pihak Private School Mr. Dunyarat Booyosoh menjelaskan bahwa mereka sangat terbuka dengan kunjungan dari sekolah dan negara tetangga. Mereka mempunyai program tahunan yang sudah berjalan sejak lama. Mr. Dunyarat menyampaikan bahwa ada program yang dijalankan selama 6 bulan, 3 bulan, 1 Bulan dan yang paling singkat 1 minggu. Program ini banyak diikuti oleh perguruan tinggi di Indonesia terutama Sumatera Barat. Maka melalui Buya Amran bin Ismail sebagai penterjemah Mr. Dunyarat mengharapkan Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi bisa ikut serta dalam program ini, bahkan Mr. Amran menyampaikan bahwa mereka berharap jalinan kerjasama ini tidak hanya semata-mata dalam bidang pertukaran pelajar dan guru, tapi mereka berharap bisa mengirimkan anak-anak mereka untuk menempuh pendidikan di Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi, sehingga nanti mereka memiliki kader-kader ulama.

Suasana pertemuan yang berada di ruangan Pondok

Dalam rombongan Private School dari Thailand ini juga diiringi oleh Persatuan Alumni Indonesia-Thailand. Mereka berbagi kisah mereka selama mengikuti kegiatan KKN dan Pertukaran pelajar di Thailand. Mereka sangat ta’jub dan bahagia ketika memperoleh kesempatan untuk bisa belajar ke negara Thailand. Salah satunya Tia yang menceritakan kisahnya, suka duka dan pengalaman selama berada di Thailand. Tia bahkan mendapatkan keluarga baru yang sangat menyayanginya selama dia menuntut ilmu di Thailand. Tia berharap pengalamannya ini bisa juga dirasakan oleh santri-santri yang mondok di Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi.

Setelah pembicaraan selesai para tamu dijamu makan siang bersama di ruangan Pimpinan Pondok dan dilanjutkan dengan Shalat berjamaah di Masjid Jami’ Parabek. Rombongan Private School At Special Zon Association of Songkhla Thailand berkesempatan melihat aktifitas santri selain belajar, mereka sempat mengabadikan kegiatan Shalat berjamaah santri, Kultum dan juga makan siang santri.

Tuan rumah dan tamu menyantap jamuan makan siang

Agenda kunjungan Private School At Special Zon Association of Songkhla Thailand ke Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi ditutup dengan penanda tanganan MoU kerjasama bidang pendidikan dan Penelitian. Besar harapan semoga MoU ini bisa berjalan dengan baik sehingga terjalin hubungan kerja yang baik antara Private School At Special Zon Association of Songkhla Thailand dan Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi khususnya dan Thailand Indonesia secara umum.

Penandatangan MoU antara Private School At Special Zon Association of Songkhla Thailand dan Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi

Sebelum mengakhiri kunjungan tuan rumah dan tamu menyempatkan berfoto bersama di Ruangan display Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi dan penuh kehangatan Pimpinan Pondok beserta jajaran melepas tamu dari kunjungannya. [prbk]

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*